Selasa, 20 Maret 2012

Ban Kirim Pesan Tahun Baru Nouruz

Ban Kirim Pesan Tahun Baru Nouruz



Sekretaris Jenderal PBB, Ban Ki-moon mengirimkan pesan pada peringatan Tahun Baru kalender Persia atau Nouruz dan menyeru negara-negara berusaha untuk membangun sebuah masyarakat global yang lebih baik. Press TV melaporkan, Selasa, Selasa, 20/3]

Dalam pesannya Ban mengatakan, “Nouruz adalah hari untuk keluarga dan teman, untuk makan secara meriah, menari dan bernyanyi. Hari ini merupakan sebuah acara dalam menghormati nilai kebersamaan dan aspirasi keharmonisan semua masyarakat.”

Ban mendefinisikan Nouruz sebagai momen pembersihan dan kelahiran kembali, serta kesempatan untuk memperbaharui cita-cita perdamaian dan niat luhur.

“Nouruz ini telah dirayakan selama ribuan tahun oleh masyarakat di Barat, Tengah dan Selatan Asia, Kaukasus, Balkan, dan bahkan berbagai wilayah lainnya,” katanya.

“Nouruz merupakan ritual dan perayaan harmoni dengan alam.”

“Lebih dari semua itu, Nouruz adalah hari janji, janji hidup dan harapan baru. Di hari pertama musim semi, kita semua harus membawa pesan perdamaian, harmoni dan kerukunan,” kata Ban.

Perayaan Nouruz atau hari pertama musim semi merupakan salah satu festival tertua yang dirayakan selama lebih dari 3.000 tahun.

Hari Nouruz Sedunia dicatat dalam Daftar Warisan Budaya Manusia Takbenda UNESCO pada tanggal 23 Februari 2010.

PBB juga mempromosikan Nouruz dengan menggelar perayaan serta memperkenalkan tradisi itu sebagai representasi perdamaian dan solidaritas antargenerasi dan dalam keluarga serta kerukunan antara masyarakat dan komunitas yang berbeda. [Islam Times/on/Press TV]

- Reviewer: Bocah Klepon - ItemReviewed: Ban Kirim Pesan Tahun Baru Nouruz Deskripsi: Sekretaris Jenderal PBB, Ban Ki-moon mengirimkan pesan pada peringatan Tahun Baru kalender Persia atau Nouruz dan menyeru negara-negara b... Rating: 4.5
◄ Newer Post Older Post ►