Jumat, 30 Maret 2012

Seyyed Ali Khamenei Kepada Erdogan, Iran Menentang Intervensi Asing di Suriah

Seyyed Ali Khamenei Kepada Erdogan, Iran Menentang Intervensi Asing di Suriah



Pemimpin Revolusi Islam Ayatollah Seyyed Ali Khamenei saat bertemu dengan Perdana Menteri Turki mengatakan, Tehran dengan tegas menentang segala bentuk intervensi asing di Suriah dan Iran mendukung Damaskus yang menjadi bagian terdepan dalam perlawanan terhadap Israel.

“Republik Islam senantiasa membela Suriah, karena Suriah pendukung front perlawanan atas rezim Zionis Israel. . .  Tehran menentang keras segala bentuk intervensi pasukan asing mengenai urusan dalam negeri Suriah,” kata Ayatollah Khamenei dalam pertemuan dengan Perdana Menteri Turki Recep Tayyip Erdogan di kota suci Masyhad, Kamis, 29/03/12.

Seyyed Ali Khamenei juga menyatakan dukungan penuh Iran atas proses reformasi yang berlangsung di Suriah dan menyerukan momentum reformasi harus dipertahankan.

Ayatollah Khamenei lebih lanjut mengecam peran kekuasaan hegemonik khususnya AS terhadap negara-negara regional, dan mencatat, “Amerika tidak pernah mengenal negara lain sebagai negara yang merdeka.”

“Amerika memperlakukan semua negara dengan cara hegemonik, oleh karena itu kepentingan negara Islam hendaknya diperhatikan lebih, dalam setiap pengambilan keputusan” kata Ayatollah Khamenei.

Menyingung situasi perkembangan Islam terakhir di kawasan, Ayatullah Khamenei mengatakan bahwa mereka semua senantiasa melayani kepentingan Islam dan umat Islam sejauh ini akan terus melakukannya di masa depan.

Lebih lanjut dikatakannya, masalah yang paling penting pada saat menghadapi kritis seperti saat ini di kawasan, hendaknya negara-negara independen harus membuat “keputusan yang benar”, tegas beliau lagi.

Sementara itu, Perdana Menteri Turki dalam pertemuan itu menyerukan perluasan hubungan bilateral antara Turki dan Iran, mengingat kedua negara mempunyai kesamaan sejarah.

“Kami percaya, mengingat sejarah panjang kedua negara maka, hubungan antara kedua negara harus lebih diperdalam, terutama kerjasama di bidang infrastruktur,” kata Erdogan.

Erdogan juga mencatat bahwa kedatagan delegasi yang menyertainya ke Iran merupakan bukti tekad Turki untuk memperkuat hubungan lebih luas dengan Republik Islam Iran, terutama di sektor energi. [Islam Times/on/Press TV]

- Reviewer: Bocah Klepon - ItemReviewed: Seyyed Ali Khamenei Kepada Erdogan, Iran Menentang Intervensi Asing di Suriah Deskripsi: Pemimpin Revolusi Islam Ayatollah Seyyed Ali Khamenei saat bertemu dengan Perdana Menteri Turki mengatakan, Tehran dengan tegas menentang... Rating: 4.5
◄ Newer Post Older Post ►