Selasa, 17 April 2012

Iran: Bencana Akan Muncul Bila Teluk Persia Terancam

Iran: Bencana Akan Muncul Bila Teluk Persia Terancam



Menteri Pertahanan Iran Jenderal Ahmad Vahidi mengatakan, negaranya adalah penyedia keamanan utama bagi Selat Hormuz. Vahidi juga menambahkan, bila satu pihak melakukan tindakan yang berbahaya di Teluk Persia, bencana akan muncul.

“Teluk Persia adalah wilayah strategis yang paling penting di dunia ini dari sisi ekonomi dan politik. Bila suatu pihak berniat untuk mengacaukan keamanan di wilayah itu, bencana akan muncul,” ujar Vahidi, seperti dikutip ISNA, Senin (16/4/2012).

Perhatian Iran tentang wilayah perairan tersebut meningkat belakangan ini. Pada Februari lalu Kementerian Luar Negeri Iran juga mengingatkan, keberadaan militer-militer asing di wilayah Teluk Persia akan menciptakan gangguan keamanan.

Iran menilai, satu-satunya strategi untuk menghilangkan ancaman di Teluk Persia adalah meminta para pasukan asing kembali ke negaranya. Pembangunan keamanan regional akan lebih baik bila dibentuk oleh negara-negara yang ada di kawasan yang sama.

Vahidi juga sudah jauh-jauh hari menegaskan, negaranya akan terus mengawasi Teluk Persia. Segala pasukan asing yang berada di wilayah tersebut akan diawasi oleh Iran.

Untuk menjaga keamanan di wilayah itu, Amerika Serikat (AS) merencanakan kehadiran militernya di Kuwait. Kapal perang AS juga akan tetap berlayar di Teluk Persia. [Islam Times/on/Okezone]

- Reviewer: Bocah Klepon - ItemReviewed: Iran: Bencana Akan Muncul Bila Teluk Persia Terancam Deskripsi: Menteri Pertahanan Iran Jenderal Ahmad Vahidi mengatakan, negaranya adalah penyedia keamanan utama bagi Selat Hormuz. Vahidi juga menamba... Rating: 4.5
◄ Newer Post Older Post ►