Senin, 02 April 2012

Laporan GMJ: Deklarasi GMJ, Palestina Harus Merdeka!

Laporan GMJ: Deklarasi GMJ, Palestina Harus Merdeka!



Puncak Global March to Jerussalem (GMJ) berakhir hari ini, Jumat (30/3). Pernyataan sikap disampaikan oleh perwakilan masing-masing delegasi GMJ dari beberapa negara. Mereka menyuarakan antipenindasan atas penjajahan Israel atas Palestina dan menyatakan dukungan untuk kemerdekaan Palestina.

Pernyataan tersebut di sampaikan di hadapan ratusan ribu massa dari 86 negara di Maghtas, Balqa. Wilayah perbatasan Yordania-Palestina. Koresponden Republika, Nashih Nashrullah melaporkan dari Beirut.

Perayaan dimulai usai Shalat Jumat yang diadakan di Beirut, Libanon, yang kemudian diikuti upacara peringatan yang ditandai dengan kedatangan delegasi internasional yang datang dari negara-negara Arab dan asing untuk berpartisipasi dalam acara tersebut, koresponden Al-Manar, Muhammad Alloush melaporkan dari Beirut.

Dengan melambaikan bendera Palestina dan menyanyikan lagu-lagu nasional Palestina, para peserta meneriakkan slogan-slogan; mampus Israel dan dukungan untuk perjuangan Palestina, peseerta mengangkat sebuah spanduk besar bertuliskan “Global March to Jerusalem, Masyarakat dunia ingin membebaskan Yerusalem.”

Para demonstran yang menyampaikan pidato pada kesempatan tersebut menekankan pentingnya masalah Palestina dan akan menjadi prioritas utama bangsa.

Massa dari negara-negara Asia; India, Malaysia, Indonesia, Azerbaijan dan negara-negara lain, di samping aktivis Arab, Iran dan Turki. Yang paling menonjol adalah rabi anti-Zionis dari “Neturei Karta”.

Militer Libanon melakukan pemeriksaan keamanan ketat dan merentangkan kawat berduri di sekitar lapangan tempat aktivis berkumpul.

Wakil Delegasi GMJ Indonesia, Marwah Daud Ibrahim, mengatakan sikap masyarakat dan pemerintah Indonesia sangat jelas, yaitu Palestina Merdeka. Perjuangan Bangsa Palestina merupakan simbol perlawanan terhadap segala bentuk kezaliman.

Ketua International Solidarity Movement (ISM) Italia, Alfredo Tradardi, mengatakan masyarakat di Italia dan Eropa pada umumnya, menentang sikap pro-Israel. Zionis Israel telah memberlakukan politik rasis dengan mengusir penduduk Palestina dari Tanah Air mereka. Tindakan ini tak bisa dibenarkan, karena melawan kemanusiaan dan hak asasi manusia. "Kita tak sepakat dengan kebijakan pemerintah pro-Israel," katanya.

Delegasi GMJ India, Swami Agnivesh, menegaskan semangat antikolonialisme didengungkan oleh tokoh India kenamaan, Mahatma Gandi. Penjajahan atas nama apa pun telah menodai tatanan kemanusia yang hakikatnya, mencintai perdamaian. Masyarakat India pada umumnya, memberikan dukungan bagi upaya Palestina merdeka. Ia menyerukan agar penganut agama satu dengan lainnya, saling menghormati.

Global March to Jerusalem merayakan Hari Tanah pada Jumat di Libanon, di helat di Benteng Beaufort di desa Arnon Libanon Selatan, dekat perbatasan dengan Palestina. [IT/r/on/Republika/Almanar]

- Reviewer: Bocah Klepon - ItemReviewed: Laporan GMJ: Deklarasi GMJ, Palestina Harus Merdeka! Deskripsi: Puncak Global March to Jerussalem (GMJ) berakhir hari ini, Jumat (30/3). Pernyataan sikap disampaikan oleh perwakilan masing-masing deleg... Rating: 4.5
◄ Newer Post Older Post ►