Jumat, 13 April 2012

Sengketa Iran-UEA Terkait Pulau Abu Musa

Sengketa Iran-UEA Terkait Pulau Abu Musa



Wakil Menteri Luar Negeri Iran, Hossein Amir-Abdollahian menyatakan perjalanan resmi Presiden Mahmoud Ahmadinejad ke pulau Abu Musa sebagai urusan internal negara.

“Kunjungan Presiden Ahmadinejad ke pulau ini adalah urusan internal dalam rangka tur provinsi,” kata Amir-Abdollahian, Kamis lalu (12/4/12).

Pernyataan itu muncul setelah Uni Emirat Arab (UEA) memanggil duta besarnya untuk Tehran, Saif Muhammad Abid al-Zaabi, Kamis dini hari sebagai protes terhadap kunjungan resmi Ahmadinejad ke pulau Abu Musa.

Rabu lalu (11/4/12), Menteri Luar Negeri UAE, Sheikh Abdullah bin Zayed Al-Nahayan mengecam kunjungan dan menyebutnya sebagai pelanggaran kedaulatan UEA atas wilayahnya.

Wakil Menteri Luar Negeri Iran untuk urusan Arab dan Afrika itu menekankan “rasa memiliki sejarah dan kekal” dari kepulauan Teluk Persia; Tunb Raya, yang Tunb Kecil dan Abu Musa di Iran, menambahkan, “Republik Islam secara serius bertekad untuk mengembangkan dan memperkuat hubungan antara kedua negara.”

Dia juga mengundang pejabat UAE berdialog untuk mengatasi kesalahpahaman yang terjadi di antara kedua negara.

Secara historis, Tunb lebih besar, yang Tunb Kecil dan Abu Musa adalah bagian Iran. Ini dikuatkan oleh bukti-bukti sejarah yang tak terhitung jumlahnya, dokumen-dokumen hukum dan geografis yang ada di Iran dan negara lain di dunia.

Tapi, UEA berulang kali mengklaim pulau-pulau itu masuk dalam wilayahnya.

Pulau-pulau jatuh dikuasai Inggris pada tahun 1800. Lalu dikembalikan pada Iran pada tanggal 30 November 1971 melalui sebuah prosedur hukum. Pengembalian terjadi jauh hari sebelum pembentukan UEA. [IslamTimes/r]

- Reviewer: Bocah Klepon - ItemReviewed: Sengketa Iran-UEA Terkait Pulau Abu Musa Deskripsi: Wakil Menteri Luar Negeri Iran, Hossein Amir-Abdollahian menyatakan perjalanan resmi Presiden Mahmoud Ahmadinejad ke pulau Abu Musa sebag... Rating: 4.5
◄ Newer Post Older Post ►