Sabtu, 05 Mei 2012

AI Desak Baku Bebaskan Staf IRIB

AI Desak Baku Bebaskan Staf IRIB



Amnesty International (AI) mendesak pemerintah Azerbaijan segera membebaskan anggota dan staf Republik Islam Iran Broadcasting (IRIB) di Baku.

Dalam laporan terbaru yang diterbitkan pada tanggal 1 Mei Amnesty International (AI) mengatakan bahwa tuduhan yang dibuat untuk Anar Bayramli adalah sebagai pembalasan atas pekerjaannya sebagai reporter dan, karenanya ia harus dianggap sebagai tahanan politik.

Mengacu pada penangkapan baru-baru ini terhadap Bayramli dan Ramin Bayramov, staf editor situs berita Islam Azeri, AI mengatakan bahwa pemerintah sekuler Azerbaijan telah menangkap mereka dengan tuduhan palsu untuk mencegah aliran informasi yang bebas, terutama pada masalah keagamaman.

Memperhatikan bahwa setidaknya saat ini terdapat 18 tahanan politik di Azerbaijan, AI menyatakan, Baku sedang mencoba membungkam oposisi menjelang event musik 2012 dengan cara-cara ilegal.

Amnesty International juga menyatakan bahwa “wartawan dan pembela HAM diancam, dilecehkan, dan bahkan dipukuli hingga pingsan oleh pejabat negara” dalam dua bulan terakhir ini.

Pada tanggal 18 Februari, polisi Azerbaijan berpakaian preman menangkap dua karyawan IRIB di ibukota Baku. Koresponden IRIB tersebut adalah Anar Bayramli dan sopir lokal Ramil Dadash. Mereka dituduh membawa obat-obatan terlarang dan saat ini penahanan mereka dipindahkan ke Departemen Pusat Polisi.

Sementara pada tanggal 18 Februari Sekretaris Pers Kedutaan Besar Iran di Baku mengatakan, penangkapan karyawan IRIB dimaksudkan untuk merusak hubungan kerja sama bilateral antar kedua negara tetangga.

“Langkah ini bertentangan dengan kebijakan dan upaya yang dilakukan pejabat tinggi Azeri, terutama utusan khusus presiden untuk Azeri di Tehran Ali Hasanov yang mencoba melaksanakan kerjasama Perjanjian Media antar kedua negara,” tambah Abbas Eskandari.

Penahanan dua karyawan IRIB datang setelah terjadi gelombang baru penangkapan aktivis Muslim dan pemrotes anti-pemerintah di negara pesisir Laut Kaspia tersebut.

Azerbaijan juga menolak masuk seorang pejabat senior IRIB di Bandara Internasional Heydar Aliyev pada Desember 2011. Kantor direktorat IRIB di Baku dihentikan oleh petugas bea cukai dan Ahmad Kazemi direktur IRIB dideportasi ke Tehran pada hari yang sama.[Islam Times/on/Press TV]

- Reviewer: Bocah Klepon - ItemReviewed: AI Desak Baku Bebaskan Staf IRIB Deskripsi: Amnesty International (AI) mendesak pemerintah Azerbaijan segera membebaskan anggota dan staf Republik Islam Iran Broadcasting (IRIB) ... Rating: 4.5
◄ Newer Post Older Post ►