Kamis, 17 Mei 2012

AL Iran Selamatkan Kapal Kargo Panama dari Sergapan Bajak Laut

AL Iran Selamatkan Kapal Kargo Panama dari Sergapan Bajak Laut



Angkatan Laut Republik Islam Iran berhasil menyelamatkan kapal kargo berbendera Panama dengan 25 anggota awak kapal dari sergapan bajak laut di Laut Arab, Oman. Rabu, 16/05/12.

“Cruiser Heilan” adalah nama kapal kargo Panama yang sedang membawa barang menuju ke Singapura, berhasil diselamatkan oleh kapal destroyer Bahregan, Angkatan Laut Iran.

Para awak kapal kargo Panama tersebut diserang oleh beberpa kapal bajak laut, namun semuanya melarikan diri saat kapal destroyer AL Iran mendekat dan melakukan tindakan penyelematan.

Angkatan Laut Iran melakukan patroli anti-pembajakan di Teluk Aden sejak November 2008, ketika perampok Somalia membajak kapal Iran carteran kargo, MV Delight, di lepas pantai Yaman.

Menurut resolusi Dewan Keamanan PBB, negara-negara dapat mengirim kapal perang mereka ke Teluk Aden dan perairan pantai Somalia untuk melawan bajak laut dan bahkan tanpa pemberitahuan sebelumnya kepada pemerintah Somalia untuk memasuki wilayah perairan negara itu dalam mengejar perompak laut Somalia.

Sekretaris Jenderal Organisasi Maritim Internasional (IMO) Efthimios E. Mitropoulos pada Mei 2011, memuji AL Iran dengan mengatakan bahwa, upaya yang dilakukan AL Iran sangat “efektif.”

Republik Islam berulang kali menegaskan bahwa kehadiran angkatan laut di perariran internasional dimaksudkan untuk menyampaikan pesan perdamaian dan persahabatan dengan negara-negara regional. [Islam Times/on/Press TV]

- Reviewer: Bocah Klepon - ItemReviewed: AL Iran Selamatkan Kapal Kargo Panama dari Sergapan Bajak Laut Deskripsi: Angkatan Laut Republik Islam Iran berhasil menyelamatkan kapal kargo berbendera Panama dengan 25 anggota awak kapal dari sergapan baja... Rating: 4.5
◄ Newer Post Older Post ►