Senin, 28 Mei 2012

Ali Larijani Terpilih Menjadi Ketua Majlis Iran

Ali Larijani Terpilih Menjadi Ketua Majlis Iran



Ali Larijani, ketua Majlis Iran periode kemarin kembali terpilih menjadi Ketua Parlemen Iran untuk periode berikutnya. Ali Larijani yang aktif mengkritik kebijakan Barat terhadap Iran, dipandang berhasil dalam menjalankan tugasnya sebagai ketua Majlis periode kemarin.

Pemilihan Ketua Parlemen Iran dilakukan oleh 275 anggota parlemen. Sebanyak 175 anggota Parlemen Iran memilih Larijani, sementara itu 100 lainnya memilih Gholam Ali Haddad-Adel, pria yang sempat menjadi Ketua Parlemen Iran. Demikian, seperti diberitakan IRINN TV, Senin (28/5/2012).

Larijani maupun Adel adalah politisi yang dekat dengan Pemimpin Tertinggi Iran Ayatullah Ali Khamenei, namun Adel cenderung lebih moderat ketimbang Larijani.

Selain aktif mengkritik Barat, pria yang sudah menjadi Ketua Parlemen Iran selama empat tahun itu juga sempat menjabat sebagai negosiator nuklir Iran pada 2007. Larijani juga berasal dari keluarga politisi, adik dan kakaknya menduduki posisi penting dalam pemerintahan Negeri Persia. Keluarga Larijani adalah termasuk keluarga ulama terpadang di Iran.

Namun, menurut Barat, pemilihan Ketua Parlemen Iran tidak luput dari kecurangan. Human Right Watch (HRW) menyebut pemilihan Ketua Parlemen itu tidak adil, karena para kandidat yang disetujui hanyalah kandidat konservatif yang mendukung Pemerintah Iran. [Islam Times/on/TV Chanel 6]

- Reviewer: Bocah Klepon - ItemReviewed: Ali Larijani Terpilih Menjadi Ketua Majlis Iran Deskripsi: Ali Larijani, ketua Majlis Iran periode kemarin kembali terpilih menjadi Ketua Parlemen Iran untuk periode berikutnya. Ali Larijani ya... Rating: 4.5
◄ Newer Post Older Post ►