Sabtu, 05 Mei 2012

Iran Terus Mencari Tahu Nasib 4 Diplomatnya yang Diculik Israel

Iran Terus Mencari Tahu Nasib 4 Diplomatnya yang Diculik Israel



Wakil presiden Iran mengatakan, Tehran tidak akan pernah berhenti melakukan investigasi terkait nasib empat diplomat Iran yang hilang diculik oleh Israel di Libanon selatan 30 tahun lalu.

Diberitakan, pada tanggal 4 Juli 1982, empat diplomat Iran – Ahmad Motevaselian, Seyyed Mohsen Mousavi, Taqi Rastegar Moqaddam dan Kazem Akhavan – diculik oleh sekelompok pria Isrel bersenjata yang didukung beberapa pejabat keamanan Libanon utara.

Berbicara dalam konferensi pers bersama dengan Perdana Menteri Libanon Najib Mikati di Beirut pada Kamis, 03/05/12, Mohammad-Reza Rahimi mengatakan, Iran tidak akan pernah melupakan empat diplomatnya yang diculik dan akan terus menyelidiki kasus ini sampai tuntas.

Nasib para diplomat Iran itu terakhir terdengar beritanya pada bulan Juni 2008, ketika Gerakan Perlawanan Hizbullah Libanon menerima laporan yang menunjukkan bahwa para diplomat tersebut masih hidup dan di mendekam di penangkaran Israel.

Israel mengklaim bahwa keempat diplomat tersebut diculik oleh sindikat tentara Libanon, dan tewas tak lama setelah penculikan.

Wakil presiden Iran lebih lanjut mengatakan bahwa saat ini Iran juga membahas nasib ulama Syiah keturunan Iran yang hilang, Imam Mousa Sadr, dengan beberapa pejabat Libanon.

Rahimi mencatat bahwa kedua pihak mencapai kesepakatan untuk mencari petunjuk yang akan menjelaskan nasib ulama Lebanon tersebut.

Imam Mousa Sadr, pendiri Gerakan Amal Libanon, adalah seorang ulama populer dan sangat dihormati semua kalangan terutama warga Syiah. Imam Mousa Sadr diberitakan hilang pada 31 Agustus 1978 saat mengunjungi Libya. Dalam kunjungan tersebut dia dijadwalkan akan bertemu dengan para pejabat dari pemerintah diktator Libya Muammar Gaddafi bersama dua rekannya, Muhammad dan Abbas Yaqoub Badreddin.

Rahimi mengadakan kunjungan kenegaraan dua hari ke Libanon pada Kamis kemarin. [Islam Times/on/Press TV]

- Reviewer: Bocah Klepon - ItemReviewed: Iran Terus Mencari Tahu Nasib 4 Diplomatnya yang Diculik Israel Deskripsi: Wakil presiden Iran mengatakan, Tehran tidak akan pernah berhenti melakukan investigasi terkait nasib empat diplomat Iran yang hilang ... Rating: 4.5
◄ Newer Post Older Post ►