Jumat, 25 Mei 2012

Kronologi "Kegagalan" Perundingan Nuklir Iran di Baghdad

Kronologi "Kegagalan" Perundingan Nuklir Iran di Baghdad



Sumber-sumber Irak mengetahui rahasia negosiasi yang sedang berlangsung antara Iran dan enam kekuatan dunia dan mengungkapkan pada Kamis sore, 24/05/12 bahwa Barat meminta tim perunding Iran untuk menghadiri putaran perundingan Kamis malam karena sangat mereka prihatin jika perundingan gagal.

Sementara laporan sebelumnya mengatakan bahwa negosiasi antara Iran dan enam kekuatan dunia telah berakhir Kamis sore, para pejabat dari kedua belah pihak mengumumkan bahwa pembicaraan akan berlanjut di malam hari.

Iran dan Kelompok 5+1 (lima permanen anggota Dewan Keamanan PBB plus Jerman) pertama kali bertemu pada Rabu pagi dan mengatakan mereka akan bertemu di malam hari. Tapi mereka kemudian membatalkan pertemuan sesi sore. Dan dalam sesi tersebut bukan kepala negosiator Iran Saeed Jalili dan kepala kebijakan luar negeri Uni Eropa Catherine Ashton yang memimpin delegasi yang bertemu tiga kali pada Rabu malam, Kamis pagi dan sore.

Selama sesi Rabu pagi, kedua negoisator menawarkan paket proposal mereka masing-masing.

Paket Iran tersebut termasuk lima bidang kerjasama nuklir dan non-nuklir, dan tim perunding Iran meminta respon cepat dan tegas dari Barat.

Setelah pertemuan hari Rabu, sebuah delegasi Iran mengatakan kepada Reuters bahwa para penguasa dunia yang menghalangi pembicaraan dengan menciptakan “suasana sulit”.

“Apa yang kami dengar di Istanbul lebih menarik … Kami percaya alasan P5+1 tidak dapat mencapai hasil adalah Amerika,” kata pejabat itu, yang minta tak disebutkan namanya. “(P5+1) datang ke Baghdad tanpa mandat yang jelas, jadi kami pikir suasana sulit.”

Ketujuh delegasi kembali mengadakan putaran pembicaraan multilateral pada Kamis pagi. Delegasi kemudian keluar dari pertemuan itu sekitar tengah hari waktu Baghdad, namun mereka kembali melanjutkan perundingan setelah 40 menit. Hal ini belum jelas apakah mereka harus istirahat sejenak di pertemuan kedua mereka atau sesi terakhir adalah putaran ketiga pembicaraan.

Kemudian kedua belah pihak serta para pejabat Irak mengumumkan bahwa pembicaraan telah berakhir sementara Jalili dan Ashton akan menghadiri konferensi pers.

Kemudian, delegasi Rusia dan Cina menghadiri pertemuan dengan Jalili. Mereka menggambarkan pembicaraan dengan perunding Iran sebagai hal positif dan kemudian bertemu dengan Ashton.

Akhirnya mereka mengumumkan bahwa pembicaraan antara Iran dan P5 +1 akan berlangsung satu putaran malam. Pertemuan tersebut telah dijadwalkan untuk 18:00 waktu Baghdad (15:00 WIB). [Islam Times/on/Fars News Agency]

- Reviewer: Bocah Klepon - ItemReviewed: Kronologi "Kegagalan" Perundingan Nuklir Iran di Baghdad Deskripsi: Sumber-sumber Irak mengetahui rahasia negosiasi yang sedang berlangsung antara Iran dan enam kekuatan dunia dan mengungkapkan pada Kam... Rating: 4.5
◄ Newer Post Older Post ►