Selasa, 05 Juni 2012

IAEA dan Iran akan Berunding 8 Juni di Vienna

IAEA dan Iran akan Berunding 8 Juni di Vienna



Pengawas nuklir PBB dan Iran sepakat untuk mengadakan pertemuan di Vienna pada Jumat, 08/06/12. Ketua IAEA Yukiya Amano menyerukan Tehran untuk menandatangani perjanjian klarifikasi isu seputar senjata atom, Senin, 04/06/12. Lapor AFP, Selasa, 05/06/12.

"Pertemuan antara Iran dan agensi dijadwalkan pada 8 Juni di Vienna," kata Amano kepada 35 anggota gurbenur International Atomic Energy Agency yang memulai satu pecan panjang pertemuan.

"Saya mengundang Iran untuk mengimplementasikan dokumen Structured Approach secepatnya dan memberikan akses awal di Parchin," kata Amano.

IAEA mencari persetujuan dengan Tehran untuk menjamin secara cepat dan tanpa syarat ke situs Parchin, tidak hanya itu, Amano juga menutut Tehran memberikan dokumen dan para ahli yang berkaitan dengan program nuklir republik Islam itu.

Setelah kunjungan ke Tehran pada 21 Mei, di mana ia bertemu dengan kepala negosiator nuklir Iran Saeed Jalili, Amano mengatakan kesepakatan bisa ditandatangani “segera,” namun masih belum ada tanda-tanda kesepakatan apapun.

Bagian dari perjanjian tersebut adalah akses badan ke markas Parchin.

Badan itu mencoba akses ke situs selama berbulan-bulan, tetapi sejauh ini ditolak oleh Iran. Namun Iran mengatakan, akses badan ke situs akan diberi ijin kapan saja jika berdasarkan kesepakatan kerjasama dan modalitas. [Islam Times/on/adp/ant]

- Reviewer: Bocah Klepon - ItemReviewed: IAEA dan Iran akan Berunding 8 Juni di Vienna Deskripsi: Pengawas nuklir PBB dan Iran sepakat untuk mengadakan pertemuan di Vienna pada Jumat, 08/06/12. Ketua IAEA Yukiya Amano menyerukan Teh... Rating: 4.5
◄ Newer Post Older Post ►