Kamis, 07 Juni 2012

Iran Mengecam Politisasi Barat Terhadap Program Nuklirnya

Ali Asghar Soltanieh, Duta Iran untuk IAEA -

Ali Asghar Soltanieh, Duta Iran untuk IAEA -

“Tidak peduli apa yang kita lakukan, tidak peduli apa perkembangan positif terjadi, beberapa negara-negara Barat selalu berusaha menjadi destruktif daripada menyambut kunjungan baru-baru ini Dirjen [IAEA] ke Tehran, yang sebenarnya kunjungan pertama dan akan membuka lembaran baru untuk kerjasama kita. Mereka mempertanyakan dan mereka mengulangi pernyataan yang membosankan dari masa lalu,” kata Soltanieh.

Dia membuat pengumuman saat konferensi pers di markas IAEA di Wina, Rabu (6/6).

Bulan lalu, Ketua IAEA Yukiya Amano datang ke Tehran untuk melakukan pembicaraan dengan para pejabat Iran pada “isu-isu kepentingan bersama dan kerjasama yang lebih erat” antara Iran dan agen (IAEA).

Soltanieh juga mengatakan beberapa negara Barat menggunakan badan nuklir sebagai alat politik untuk mengejar tujuan mereka.

Dia juga memperingatkan IAEA yang mempolitisir masalah ini akan membahayakan kerja sama antara Iran dan IAEA, mengatakan bahwa tidak ada bukti telah ditemukan untuk menunjukkan bahwa program energi nuklir Iran telah dialihkan ke arah tujuan militer.

AS dan Uni Eropa menuduh Iran melakukan pengalihan menuju tujuan militer dalam program energi nuklirnya dan telah memberlakukan sanksi internasional dan unilateral terhadap Tehran dengan menggunakan klaim tersebut sebagai dalih.

Tehran mengatakan sebagai anggota berkomitmen IAEA dan penandatangan Perjanjian Non-Proliferasi nuklir Treaty, dia berhak atas semua penggunaan damai energi nuklir. [IT/r]

- Reviewer: Bocah Klepon - ItemReviewed: Iran Mengecam Politisasi Barat Terhadap Program Nuklirnya Deskripsi: Ali Asghar Soltanieh, Duta Iran untuk IAEA - “Tidak peduli apa yang kita lakukan, tidak peduli apa perkembangan positif terjadi, beb... Rating: 4.5
◄ Newer Post Older Post ►