Senin, 26 Maret 2012

Ahmadinejad: "Musuh menemui jalan buntu"

Ahmadinejad: "Musuh menemui jalan buntu"



Presiden Iran Mahmoud Ahmadinejad mendesak kepada semua negara-negara kawasan untuk lebih memperkuat hubungan regional, dan mengatakan bahwa musuh bersama negara-negara regional menemui jalan buntu. Press TV melaporkan Senin, 26/03/12.

“Musuh bersama dari negara regional berhadapan dengan banyak kesengsaraan termasuk masalah internal dan eksternal, dan mereka sedang dalam konflik satu sama lain. Mereka mencapai kebuntuan,” kata Presiden Ahmadinjead dalam pertemuan bersama dengan rekan sejawatnya dari Tajikistan, Afghanistan dan Pakistan (Emomali Rakhmon, Hamid Karzai dan Asif Ali Zardari) di ibukota Tajikistan Dushanbe Minggu, 25/03.

Masalah ini dapat membantu masyarakat di wilayah untuk menyingkirkan semua gangguan dari luar daerah kekuasaan, tambahnya.

Ahamadinejad menekankan bahwa Iran, Tajikistan, Afghanistan dan Pakistan menikmati sumber daya manusia yang berharga dan kemampuan ekonomi serta kemampuan ilmiah yang bisa memainkan peran efektif untuk kemajuan negara.

Para presiden dari empat negara tersebut menekankan bahwa kerja sama menjadi solusi paling efektif untuk menyelesaikan problem di wilayah tersebut.

Mereka juga menyoroti pentingnya memperkuat kerja sama untuk memerangi terorisme dan penyelundupan narkotika demi peningkatan kesejahteraan negara-negara regional.

Para presiden juga menyerukan penguatan kerjasama politik, ekonomi dan budaya.

Mereka sepakat untuk mengadakan pertemuan puncak trilateral bagi keempat negara Iran, Afghanistan dan Pakistan dan pertemuan empat-sisi kedua di antara Iran, Afghanistan, Pakistan dan Tajikistan di ibukota Kabul, Afghanistan.

Pada hari Minggu, Ahmadinejad, Karzai, Zardari dan Rakhmon bersama-sama menghadiri Perayaan Nowruz Internasional ketiga di Dushanbe dan menekankan pentingnya memperkuat hubungan persahabatan dan obligasi.

Nowruz, yang bertepatan dengan hari pertama musim semi di kalender surya, oleh sebagian besar negara dirayakan terutama di Iran, Afghanistan, Azerbaijan, India, Kyrgyzstan, Tajikistan, Pakistan, Turki dan Uzbekistan.

Nomruz adalah pesta kuno yang mempromosikan nilai-nilai perdamaian dan solidaritas antar generasi dan dalam keluarga serta rekonsiliasi bertetangga, sehingga Nowrus adalah moment yang mampu memberikan kontribusi besar bagi keragaman budaya dan persahabatan di antara pribadi yang berbeda dan masyarakat. [Islam Times/on/Press TV]

- Reviewer: Bocah Klepon - ItemReviewed: Ahmadinejad: "Musuh menemui jalan buntu" Deskripsi: Presiden Iran Mahmoud Ahmadinejad mendesak kepada semua negara-negara kawasan untuk lebih memperkuat hubungan regional, dan mengatakan ba... Rating: 4.5
◄ Newer Post Older Post ►