Sabtu, 07 April 2012

Sukses Bebaskan Kapal Kargonya, Cina Puji Kekuatan AL Republik Islam Iran

Sukses Bebaskan Kapal Kargonya, Cina Puji Kekuatan AL Republik Islam Iran



Media-media Cina, Sabtu (7/4) memuji operasi Angkatan Laut Iran dalam membebaskan kapal kargo milik Cina yang dibajak oleh perompak di Laut Oman.

Kapal kargo Cina, Xianghuamen yang berbendera Panama, milik sebuah perusahaan di Nanjing, dibajak oleh perompak pada Jumat pagi di Laut Omat, dekat pelabuhan Chabahar, selatan Iran.

Pemerintah Cina, melalui Duta Besarnya di Tehran, meminta kepada Iran melakukan tidakan-tindakan yang diperlukan untuk menyelamatkan sepenuhnya kapal itu dan awaknya.

“Kedubes Cina segera menjalin kontak dengan pihak berwenang Iran meminta Iran melakukan tidakan-tindakan yang diperlukan untuk menyelamatkan sepenuhnya kapal itu dan awaknya,” kata Xinhua.

Iran menjawab tuntutan itu yang langsung menggelar operasi penyelamatan untuk membebaskan kapal dan awaknya. Operasi tersebut berlangsung sukses dan Cina menilai aksi militer Iran sangat penting dan kuat.

Menurut media-media Cina, pembebasan awak kapal dalam waktu yang sangat singkat, menunjukkan kemampuan dan kekuatan prima Angkatan Laut Republik Islam di perairan internasional.

Koran China Daily menulis, kapal itu berangkat dari Shanghai dan sempat singgah di Singapura untuk membongkar beberapa muatan dan kemudian menuju pelabuhan Imam Khomeini di barat daya Iran.

Kedutaan Besar Cina di Tehran mengatakan, “Pada saat kami menghubungi pihak-pihak terkait di Iran, mereka memberi kepastian kepada kami untuk berupaya maksimal guna menyelamatkan kapal dan awaknya.”

Televisi pemerintah Cina melaporkan, Angkatan Laut Iran berhasil menyelamatkan seluruh awak kapal yang berjumlah 28 orang. Kapal tersebut mengalami kerusakan pada mesin saat pembajakan dan sekarang bersandar di Bandar Jask Iran untuk perbaikan.

Dalam operasi tersebut, sembilan perompak berhasil ditangkap oleh AL Republik Islam Iran.

“Para perompak menangkap kapal di perairan internasional, 45 mil dari Bandar Jask, tapi melalui sebuah operasi yang sukses AL Republik Islam Iran, sembilan bajak laut ditangkap,” kata wakil kepala Pelabuhan Iran dan Organisasi Maritim, Saeed Izadian, Sabtu, kepada Fars News Agency. [Islam Times/on/Fars News Agency]

Baca berita terkait: islamtimes.org/vdccxsqs12bqpx8.5fa2.html

- Reviewer: Bocah Klepon - ItemReviewed: Sukses Bebaskan Kapal Kargonya, Cina Puji Kekuatan AL Republik Islam Iran Deskripsi: Media-media Cina, Sabtu (7/4) memuji operasi Angkatan Laut Iran dalam membebaskan kapal kargo milik Cina yang dibajak oleh perompak di La... Rating: 4.5
◄ Newer Post Older Post ►