Sabtu, 05 Mei 2012

Soltanieh: Tidak Ada Alasan Logis untuk Menghentikan Pengayaan Uranium

Soltanieh: Tidak Ada Alasan Logis untuk Menghentikan Pengayaan Uranium



Duta besar Iran untuk Badan Energi Atom Internasional (IAEA) mengatakan, Iran tidak melihat ada alasan logis untuk menutup fasilitas pengayaan uranium Fordo.

“Bila Anda mempunyai tempat yang aman, dan tempat aman itu ada di bawah kontrol langsung IAEA, lantas dengan alasan apa dan mengapa saya harus mengatakan kepada Anda, bahwa Anda harus menutup tempat itu?.” Kata Duta Besar Ali Asghar Soltanieh kepada Reuters, Jumat, 04/05/12.

“Fordo adalah tempat yang aman. Kami telah menghabiskan banyak uang dan waktu untuk memiliki tempat aman tersebut,” kata Soltanieh dan menambahkan bahwa Iran tidak melihat adanya alasan logis sebagai pembenaran sehingga harus menutup fasilitas pengayaan uranium Fordo.

Menurut laporan Reuters, pada bulan lalu, seorang pejabat senior AS mengatakan, Amerika Serikat dan sekutunya akan menuntut Iran supaya menghentikan pengayaan uranium tingkat tinggi dan segera menutup fasilitas Fordo pada pembicaraan lanjutan di Baghdad nanti terkait program nuklir Tehran.

“Satu hal yang jelas dan harus saya katakan adalah, bahwa pengayaan uranium di Iran tidak akan ditangguhkan dengan alasan apapun,” tegas Soltanieh mantap.

Inti utama pertikaian antara Tehran dan Barat adalah program pengayaan uranium Iran.

Namun Iran mengatakan bahwa semua kegiatan nuklirnya benar-benar damai, dan, sebagai anggota Badan Energi Atom Internasional (IAEA) dan penandatangan Perjanjian Non-Proliferasi nuklir, Iran berhak secara hukum memproduksi bahan bakar nuklir untuk reaktor riset dan PLTN. [Islam Times/on/RTR/Tehran Times]

- Reviewer: Bocah Klepon - ItemReviewed: Soltanieh: Tidak Ada Alasan Logis untuk Menghentikan Pengayaan Uranium Deskripsi: Duta besar Iran untuk Badan Energi Atom Internasional (IAEA) mengatakan, Iran tidak melihat ada alasan logis untuk menutup fasilitas p... Rating: 4.5
◄ Newer Post Older Post ►