Jumat, 01 Juni 2012

Iran dan India Perluas Hubungan Bilateral

Iran dan India Perluas Hubungan Bilateral



Menteri Luar Negeri Iran, Ali Akbar Salehi dan mitra Indianya menegaskan pentingnya hubungan politik, ekonomi, dan budaya antara Tehran dan New Delhi.

Dalam jumpa pers bersama Menteri Luar Negeri India, Somanahalli Mallaiah Krishna di New Delhi pada hari Kamis (31/5), Salehi mengatakan bahwa India dan Iran memiliki banyak kesamaan budaya. Hal itu membuka lahan untuk memperluas hubungan bilateral di segala bidang. Dan Iran ingin membangun hubungan yang sangat kuat dengan dasar kesamaan itu.

Salehi juga mengatakan Iran dan India saat ini memiliki neraca perdagangan sebesar USD 16 miliar. Menurutnya, jumlah itu belum mencerminkan kapasitas yang ada dan meminta diambil langkah tertentu untuk meningkatkan jumlah neraca perdagangan itu.

Mengingat kebutuhan New Delhi untuk meningkatkan sumber daya energi, Menlu Iran itu menyatakan bahwa Iran akan menjadi mitra terpercaya India.

Sedang Menlu India itu mengatakan Tehran dan New Delhi menghadapi tantangan dan ancaman yang sama. Bagi New Delhi, Iran adalah jalan menuju Asia Tengah.

Salehi tiba diNew Delhi hari Kamis (31/5/12) dalam kunjungan resmi dua hari untuk melakukan pembicaraan dengan para pejabat senior India dan mengundang Perdana Menteri India, Manmohan Singh secara resmi dalam pertemuan puncak Gerakan Non-Blok (GNB/NAM ) di Tehran yang akan berlangsung 26-31 Agustus mendatang. [IslamTimes/r]

- Reviewer: Bocah Klepon - ItemReviewed: Iran dan India Perluas Hubungan Bilateral Deskripsi: Menteri Luar Negeri Iran, Ali Akbar Salehi dan mitra Indianya menegaskan pentingnya hubungan politik, ekonomi, dan budaya antara Tehra... Rating: 4.5
◄ Newer Post Older Post ►