Jumat, 01 Juni 2012

Ahmadinejad: Pembantai Warga Suriah Harus Dihukum

Ahmadinejad: Pembantai Warga Suriah Harus Dihukum



Presiden Iran Mahmoud Ahmadinejad mengatakan, siapapun yang terlibat dalam insiden pembantaian warga Suriah di Kota Houla, harus dihukum. Meski demikian, Ahmadinejad tidak menyebut siapa yang berada di balik insiden pembantaian itu.

“Sangat tidak dapat dipercaya, sebuah pemerintahan membantai warganya sendiri,” ujar Ahmadinejad, seperti dikutip Associated Press, Kamis (31/5/2012).

“Kami di Iran sangat kecewa dengan insiden ini. Setiap orang yang bertanggung jawab atas pembunuhan tersebut patut dihukum,” tegas Ahmadinejad.

Ahmadinejad menegaskan, Barat seharusnya tidak mengeksploitasi krisis Suriah, dan karena Barat memusuhi Presiden Bashar al Assad. Dirinya kembali menegaskan bahwa Iran tidak akan pernah percaya dengan perkataan Barat. Namun Presiden Iran itu mengingatkan kembali akan pentingnya kerja sama yang dilakukan Iran dan Barat dalam membahas isu nuklir.

Saat ini, Iran pun kerap menjadi pihak yang dituding berada di balik krisis Suriah. Tudingan itu muncul dari musuh-musuh Iran, Israel dan AS. Israel menuduh Iran dalang pembantaian yang terjadi di Suriah sebagai upaya untuk menguasai Timur Tengah.

Sementara itu, secara terpisah Ahmadinejad membuat pernyataan dalam sebuah wawancara dengan televisi Perancis 24, Rabu, menekankan bahwa ia tidak mengharapkan pembicaraan bulan depan dengan enam kekuatan dunia di Moskow akan menghasilkan terobosan besar.

“Kami tidak mengharapkan keajaiban pada pertemuan berikutnya,” kata Ahmadinejad.

“Akan ada pekerjaan yang benar dan kami akan bekerja sama dengan mereka sehingga kita akan mencapai kesepakatan yang konstruktif,” tambahnya.

Presiden Iran juga mengatakan bahwa Tehran telah mengajukan “proposal yang baik” , tapi itu akan di umumkan ketika waktunya tepat, dan kedua belah pihak harus bekerja bergandengan tangan untuk mengembalikan kepercayaan.

Menurut analis kesepakatan kedua belah pihak melanjutkan perundingan harus dilihat sebagai tanda harapan untuk menyelesaikan kebuntuan lama antara Tehran dan Barat. [Islam Times/on/sindo/Fars News Agency]

- Reviewer: Bocah Klepon - ItemReviewed: Ahmadinejad: Pembantai Warga Suriah Harus Dihukum Deskripsi: Presiden Iran Mahmoud Ahmadinejad mengatakan, siapapun yang terlibat dalam insiden pembantaian warga Suriah di Kota Houla, harus dihuk... Rating: 4.5
◄ Newer Post Older Post ►