Kamis, 12 April 2012

Iran akan Lakukan Privatisasi Industri Petrokimia

Iran akan Lakukan Privatisasi Industri Petrokimia



Menteri Minyak Iran Rostam Qasemi mengatakan, meskipun sanksi Barat diberlakukan pada industri minyak Iran, namun negara itu akan menjalankan rencana privatisasi industri petrokimia.

“Semua pabrik petrokimia akan diprivatisasi, mulai sekarang kami akan meningkatkan dukungan ke perusahaan swasta supaya terlibat dan berinvestasi,” katanya Rabu (11/4/12) setelah meresmikan sejumlah fasilitas petrokimia di Asalouyeh, selatan Iran.

Menteri itu menyatakan dengan dukungan dari pemerintah, diharapkan industri tersebut mampu menggerakkan pengembangan industri petrokima Iran sektor tengah dan sektor hilir industri.

Mostafa Mortazavi, direktur Perusahaan Petrokimia Jam kepada wartawan mengatakan, meskipun sanksi diberlakukan, namun kami berhasil membangun satu unit produksi Butena1 terbesar dan tercanggih di dunia.

Dikatakannya, “Unit ini mampu menghasilkan 100 ton butena 1 per tahun. Selain mampu memenuhi kebutuhan dalam negeri, kami juga mampu mengekspor produk-produk petrokimia ke negara lain". Diberitakan, saat ini Iran sedang menandatangani kontrak dengan pembeli dari Eropa selatan, tambah pejabat itu.

Menurut beberapa laporan, kompleks butena-1 adalah satu divisi dari perusahaan petrokimia Jam senilai USD 120 juta yang menjadikan Iran menjadi salah satu produsen butena 1 terbesar di dunia.

Jam Petrochemical Company adalah perusahaan swasta Iran dengan kapasitas produksi tahunan 1,32 juta ton produk petrokimia.

Fasilitas butena-1 dibangun para pakar Iran di saat industri petrokimia Iran menghadapi sanksi sepihak AS dan Uni Eropa terkait program energi nuklir negara itu.

Pemerintah Iran berharap, dengan mendorong perusahaan swasta untuk terlibat besar dalam pasar petrokimia, diharapkan mampu mengurangi ketergantungan ekspor bahan baku seperti minyak mentah, gas alam dan lebih memfokuskan nilai tambah pada ekspor non-migas.

Sejalan dengan kebijakan itu, National Petrochemical Company, mengumumkan bahwa mereka sedang menginvestasikan lebih dari 50 miliar dolar untuk mendukung pengembangan proyek petrokimia swasta pada tahun 2015. [IT/r]

- Reviewer: Bocah Klepon - ItemReviewed: Iran akan Lakukan Privatisasi Industri Petrokimia Deskripsi: Menteri Minyak Iran Rostam Qasemi mengatakan, meskipun sanksi Barat diberlakukan pada industri minyak Iran, namun negara itu akan menjala... Rating: 4.5
◄ Newer Post Older Post ►