Senin, 09 April 2012

Pembicaraan P5+1 Bukan Ajang Senyum Politik

Pembicaraan P5+1 Bukan Ajang Senyum Politik



Ketua Majlis Iran Ali Larijani mengatakan Tehran akan menghadiri pembicaraan mendatang dengan enam kekuatan utama dunia dengan positif.

“Pandangan Iran soal pembicaraan, positif, asalkan langkah-langkah positif juga diambil oleh pihak lain. Dan pertemuan dengan P5 +1 bukan hanya sekedar mencari senyum politik,” kata Larijani dalam pertemuan dengan mantan PM Jepang Yukio Hatoyama di Tehran, Minggu (6/4/12) .

Perundingan antara kekuatan dunia dan Iran mengenai program nuklir Iran akan diselenggarakan pada 14 April di Istanbul, kata seorang juru bicara Uni Eropa (UE) kepada Xinhua, Minggu.

“Kami telah sepakat untuk memulai pembicaraan di Istanbul pada 14 April,” kata Michael Mann, juru bicara kepala urusan luar negeri Uni Eropa. “Kami (Amerika Serikat, Rusia, China, Prancis, Inggris dan Jerman) berharap bahwa putaran pertama akan menghasilkan lingkungan yang kondusif bagi kemajuan nyata. Kami tentu saja bertujuan pada proses yang berkelanjutan,” katanya.

Wakil Perdana Menteri Turki Ali Babacan Sabtu lalu mengatakan, diplomasi adalah cara terbaik untuk memecahkan masalah nuklir Iran. Dia mengatakan bahwa cara non-diplomatik berarti mungkin memiliki konsekuensi negatif bagi pihak yang terlibat dalam masalah ini.

Ia mengatakan, segala cara non-diplomatik dari kerangka perundingan hanya akan memiliki konsekuensi yang sangat negatif bagi kawasan dan dunia. Deputi Perdana Menteri Turki mengatakan, Turki menekankan pada kebutuhan untuk kelanjutan perundingan mengenai masalah ini.

Tehran sendiri mengatakan siap untuk melanjutkan perundingan berdasarkan kesetaraan dan menekankan Iran sama sekali tidak akan menyerah atas hak nuklirnya.

Sementara itu, mantan Perdana Menteri Jepang mengatakan, negosiasi memberikan kesempatan tepat untuk membangun rasa saling percaya, dan menambahkan, Jepang berharap hasil pembicaraan akan memberikan kontribusi bagi perdamaian dan stabilitas di kawasan. [Islam Times/r]

- Reviewer: Bocah Klepon - ItemReviewed: Pembicaraan P5+1 Bukan Ajang Senyum Politik Deskripsi: Ketua Majlis Iran Ali Larijani mengatakan Tehran akan menghadiri pembicaraan mendatang dengan enam kekuatan utama dunia dengan positif. “... Rating: 4.5
◄ Newer Post Older Post ►