Minggu, 03 Juni 2012

Iran Berhasil Jinakkan Virus Flame

Iran Berhasil Jinakkan Virus Flame



Pejabat senior Iran mengatakan telah mengalahkan virus komputer paling rumit di dunia saat ini, Flame. Hal itu disampaikan Wakil Menteri Komunikasi dan Informasi Iran, Ali Hakim Javadi pada kantor berita resmi IRNA.

Dilansir dari Fars News Agency, Kamis (31/5/2012), Javadi mengatakan, para ahli keamanan Iran telah menghasilkan antivirus yang bisa mengidentifikasi dan menghapus Flame dari komputer. Sementara itu, Computer Emergency Response Team Coordination Center yang dikelola Pemerintah Iran mengatakan, virus Flame difokuskan untuk spionase (pengintaian).

Tapi Javadi tidak mengatakan, apakah semua badan Pemerintah Iran atau industri terkena dampak virus tersebut. Meksi Iran tidak merilis rincian apapun tentang alat untuk memerangi serangan cyber tersebut, tapi Emergency Response Team Coordination Center mengatakan, program itu telah mengidentifikasi dan menghapus perangkat lunak berbahaya.

Serangan cyber Flame belakangan ini memang menyedot perhatian dari ahli keamanan. Seorang ahli serangaan virus di perusahaan spesialis FireEye Jame Todd mengatakan, hadirnya virus bukan lagi tentang pencurian password, tapi targetnya jauh lebih tinggi.

"Ini bukan lagi tentang mencuri data kartu atau password, taruhannya jauh lebih tinggi. Tren besar selanjutnya dalam keamanan TI selalu akan ke arah spionase cyber, yang memiliki potensi besar. Hal ini khususnya terjadi jika hacker dapat menyusupi informasi yang berkaitan dengan kebijakan, paten, kekayaan intelektual dan rencana R&D," jelas Todd.

Sebelumnya diberitakan, Israel dan AS telah menciptakan worm Stuxnet yang beberapa waktu lalu pernah menyerang program nuklir Iran. Dalam sebuah laporan di Washinton Post, Presiden,  Barrack Obama memerintahkan serangan cyber kepada Iran agar program pengembangan nuklir Iran melambat. [Islam Times/on/Sindo/Fars News Agency]

- Reviewer: Bocah Klepon - ItemReviewed: Iran Berhasil Jinakkan Virus Flame Deskripsi: Pejabat senior Iran mengatakan telah mengalahkan virus komputer paling rumit di dunia saat ini, Flame. Hal itu disampaikan Wakil Mente... Rating: 4.5
◄ Newer Post Older Post ►